Header Ads

Mengenal Objek Wisata Pantai Losari Makassar

Makassar memiliki banyak potensi wisata yang sangat memukau dan namanya sudah dikenal hingga mancanegara. Salah satu tempat wisata yang tenar tersebut adalah Pantai Losari. Karena ketenarannya, Pantai Losari juga dianggap sebagai salah satu ikon wilayah Makassar. 

Lokasinya juga sangat strategis karena dekat dengan tempat apapun termasuk hotel di Makassar yang terkenal.

Lalu, apa saja sih, keistimewaan dari Pantai Losari? Yuk, simak ulasan berikut untuk lebih mengenal objek wisata Pantai Losari Makassar.

-Sejarah

Tidak hanya keindahannya, ternyata Pantai Losari juga mempunyai nilai pada sejarah kemunculannya. Nama Pantai Losari sendiri diambil dari dua kata berbahasa Jawa, yakni Los yang berarti area, dan Ari yang berarti membungkus atau penyalur. Dua kata ini cocok untuk menggambarkan fungsi dari Pantau Losari sebelumnya, yakni sebagai tempat atau area jual beli. Bukan untuk objek wisata, Pantai Losari pada awalnya memang digunakan sebagai pasar ikan yang buka setiap malam. Lalu, pada tahun 1945, dibangunlah beton setinggi 910 meter di pinggir pantai, hingga akhirnya menjadi objek wisata favorit seperti saat ini.

-Daya Tarik

Ketenaran objek wisata Pantai Losari Makassar ini dipengaruhi oleh keindahannya yang unik dan berbeda dengan pantai pada umumnya. Di pantai ini, kamu akan menemukan aneka anjungan yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Dari anjungan ini, kamu bisa melihat keindahan sunset yang bahkan dikatakan menjadi pemandangan sunset terindah di Makassar. Tak sampai disitu, pada malam harinya, suasana sekitar anjungan akan semakin indah dengan ditemani aneka kelap-kelip lampu hias. Banyak pedagang makanan juga biasanya akan berjualan di sekitaran anjungan, sehingga kamu bisa untuk berwisata kuliner sepuasnya. Lalu, di pagi harinya, kamu juga bisa loh untuk berolahraga atau sekadar jalan-jalan santai di anjungan ini sembari menikmati udara pantai yang pastinya sejuk dan menyegarkan.

-Lokasi

Alasan mengapa objek wisata Pantai Losari Makassar banyak dikunjungi juga karena letaknya yang strategis dan mudah untuk dijangkau. Pantai Losari Makassar berada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar. Tenang saja, kamu bisa kok memakai panduan dari google maps atau bertanya dengan warga sekitar untuk bisa sampai di tempat wisata ini. Berada dekat dengan pusat kota, Pantai Losari bisa diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi. Banyak pilihan hotel Makassar yangbisa dipilih di sekitar lokasi wisatanya.

-Jam Operasional dan Harga Tiket

Untuk jam operasionalnya, Pantai Losari Makassar saat ini masih buka 24 jam. Namun, sebaiknya datanglah di rentang waktu jam 3 sore hingga 9 malam, agar tidak merasakan hawa terlalu panas dan tidak juga terlalu malam. Di rentang waktu tersebut, kamu juga bisa berkesempatan menyaksikan keindahan sunset.

Menariknya lagi, Pantai Losari Makassar juga tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis. Sehingga, kamu bisa dengan bebas datang berkunjung kapanpun kamu mau. Mungkin, jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa membayar parkir dengan tarif 2k hingga 5k saja. Ada juga banyak pilihan hotel dekat pantai Losari sehingga tidak perlu pergi jauh untuk mencari penginapan.


Tidak ada komentar