Header Ads

Akibat Kekurangan Zat Besi pada Ibu Hamil


Zat besi merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Zat ini menentukan kadar hemoglobin yang dimiliki seseorang. Hemoglobin yang dalam tubuh berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari paru-paru. jIka hal ini tidak dipenuhi, maka seseorang akan mengalami anemia atau gejala kekurangan zat besi.

Bagi ibu hamil yang membawa minimal dua individu di dalam dirinya, kebutuhan ini akan semakin meningkat. Tidak heran pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil terus disosialisasikan. 

Ibu hamil yang menderita anemia dapat mengalami hal-hal sebagai berikut.

1. Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala awal dari anemia atau kekurangan zat besi. Gejala yang dikenal dengan 5L; lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai. 

Gejala yang jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kelelahan amat sangat dan kematian pada ibu hamil.

2. Abortus
Abortus atau kematian bayi dalam kandungan merupakan akibat kedua yang mungkin terjadi kehamilan disertai anemia. 

Ini dapat terjadi karena asupan oksigen pada bayi ikut lambat dan berkurang. Padahal oksigen sangat diperlukan untuk pernapasan dan kerja berbagai organ tubuh lain. 

3. Bayi Lahir Prematur
Tidak hanya kematian janin di kandungan yang dapat terjadi jika ibu anemia. Pada saat tertentu, bayi akan bergerak ingin keluar dari rahim karena situasinya sudah tidak memungkinkan.

Bayi dapat lahir prematur. Padahal bayi ini mungkin saja belum sempurna organ tubuhnya dan berat badannya juga masih rendah.

4. Pendarahan Pasca Melahirkan
Tidak berhenti masalah saat melahirkan. Di usia minggu pertama hingga 40 hari setelah melahirkan, ibu dapat mengalami pendarahan. Ibu semakin lelah, apalagi ditambah kegiatan baru merawat bayi. Pendarahan dapat mengakibatkan kematian pada ibu melahirkan. 

Akibatnya cukup fatal ya jika ibu hamil kekurangan zat besi dan anemia? Untuk itu, Anda harus selalu menyediakan zat besi sebagai tambahan suplemen sehari-hari. Apalagi saat ini cara mendapatkan obat sangat mudah. Zat besi bukan obat yang harus dibeli dengan resep dokter. Anda dapat membelinya di apotek online.

Tinggal pilih obat yang dibutuhkan, tentukan berapa jumlah yang akan dibeli, dibayar, dan tunggu pengiriman obat datang.

Menjaga kehamilan termasuk menjaga kesehatan generasi yang akan datang. Yuk hamil sehat!

Tidak ada komentar