Header Ads

Amankah Air Alkali untuk Dikonsumsi? Begini Penjelasannya!


Air ionisasi seperti air alkali kerap dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh. Air alkali ini di antaranya dipercaya dapat menetralkan kadar asam dalam tubuh dan menghidrasinya. Namun, tak sedikit juga yang meragukan fungsi air alkali ini. Lalu, bagaimana sebenarnya posisi air alkali ini? Apakah air alkali layak untuk dikonsumsi atau tidak? Berikut penjelasan singkat mengenai hal ini. 

Keamanan dan Kelayakan Air Alkali untuk Dikonsumsi 
Air alkali merupakan air yang memiliki kadar pH yang lebih tinggi dibandingkan dengan air biasa. Jika pH air biasa normalnya 7, pH air alkali umumnya berkisar dari 8 hingga 9. Dilansir dari laman healthline.com, para profesional di bidang kesehatan menganggap air alkali aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan air alkali mengandung ragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.  

Menurut Jamie Koufman, seorang dokter spesialis laringologi, air alkali terutama sekali bermanfaat untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan enzim pepsin akan mati saat kadar pH mencapai angka 8. Enzim pepsin sendiri merupakan enzim yang menjadi penyebab atau pemicu penyakit asam lambung. 

Jangan Konsumsi Air Alkali Berlebihan 
Saat ini, air alkali begitu mudah untuk didapatkan. Anda bisa membeli air alkali alami dalam kemasan misalnya seperti Pristine 8+. Namun, jangan sampai kemudahan dalam mendapatkan air alkali ini membuat Anda mengonsumsinya berlebihan. Air alkali yang dikonsumsi berlebihan justru tak baik untuk kesehatan. Anda disarankan hanya mengonsumsi 3 hingga 4 gelas per hari saja. 

Pengonsumsian air alkali secara berlebihan malah dapat memicu rasa mual dan juga muntah. Kadar alkali yang meningkat tajam dalam tubuh secara tiba-tiba pun bisa membuat tubuh berada dalam kondisi alkalosis. Selain mual dan muntah, Anda pun juga berisiko mengalami tangan yang bergemetar atau tremor, serta kedutan pada otot. 

Air alkali dianggap aman untuk dikonsumsi, selama jumlahnya tak berlebihan. Agar lebih yakin, tak ada salahnya Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter, perihal banyaknya air alkali yang bisa dikonsumsi per harinya. Pastikan juga Anda hanya mengonsumsi air alkali alami seperti yang terkandung dalam Pristine 8+, agar fungsi air alkali yang sebenarnya bisa Anda dapatkan.  

Tidak ada komentar