Header Ads

Yuk Intip Perawatan Rambut Ala Korea


Rambut adalah mahkota wanita. Maka tak jarang banyak wanita yang ingin memiliki rambut yang indah berkilau hingga rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Maklum, banyak produk-produk hair treatment yang beredar di luar sana, baik yang berfungsi untuk menyehatkan rambut, memperindah, hingga produk penebal rambut bagi wanita yang berambut tipis.

Salah satu perawatan rambut yang patut dicoba adalah perawatan rambut ala Korea. Tak hanya perawatan wajahnya yang terkenal ampuh, perawatan rambut ala Korea juga dikenal ampuh untuk merawat rambut.

Sama halnya dengan perawatan wajahnya, perawatan rambut ala Korea juga mempunyai langkah yang panjang. Langkah-langkah tersebut mencakup banyak bagian dari rambut dari mulai akar rambut hingga ke ujungnya. Walaupun terkesan ribet dan tidak praktis, namun perawatan rambut ala Korea dinilai efektif karena mencakup seluruh bagian rambut. Lantas, apa saja jenis perawatan rambut ala Korea?
Perawatan Rambut Ala Korea
1. Rawat Kulit Kepala dengan Scalp Scalers
Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah scalp scalers. Scalp scalers adalah salah satu benda perawatan rambut berupa cairan yang berguna untuk merawat kulit kepala. Cairan dari scalp scalers sendiri mengandung salicylic acid yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati serta minyak yang berlebih dari kulit kepala. Scalp Scalers sangat penting bagi perawatan rambut karena dapat membuat kulit kepala bersih seningga folikel rambut dapat tumbuh dengan sehat dan bersih.

Para ahli kecantikan Korea sangat menganjurkan untuk memiliki kulit kepala yang sehat dan bersih. Salah satu langkah untuk memperolehnya adalah dengan cara menggunakan scalp scalers sekali atau dua kali dalam seminggu sebelum keramas. Cara menggunakannya adalah dengan memijat kulit kepala yang kering dengan  scalp scalers lalu didiamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas rambut agar bersih dari sisa scalp scalers dan dilanjutkan dengan keramas.

2. Jaga Kelembaban Rambut dengan Conditioner
Rambut yang lembab akan membuat rambut nampak berkilau. Rambut yang lembab menandakan bahwa rambut tidak kekurangan kadar air. Jika rambut kekurangan kadar air, maka rambut akan menjadi kering sehingga menyebabkan rambut menjadi rawan kusut. Maka dari itu, salah satu perawatan rambut yang sebaiknya tidak ditinggalkan adalah memakai conditioner sesudah keramas.

Banyak orang yang salah dalam menggunakan conditioner. Banyak orang menggunakan conditioner dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. Hal ini justru akan membuat kulit kepala menjadi berminyak. Menggunakan conditioner yang benar adalah dimulai dari pangkal rambut hingga ke ujung rambut. Sebisa mungkin hindari conditioner bersentuhan dari kulit kepala. Setelah condiotioner rata terpakai, diamkan conditioner selama beberapa menit, setelah itu baru bilas dengan air.

3. Beri Nutrisi Rambut dengan Hair Mask
Sama dengan masker wajah, masker rambut juga berfungsi untuk menutrisi rambut sehingga menjadi lebih sehat. Kandungan nutrisi dalam hair mask mampu mempernaiki rambut yang rusak akibat dari polusi, hingga sinar matahari. Hair mask tidak perlu digunakan tiap hari. Cukup digunakan seminggu sekali sesudah keramas. 

4. Seimbangkan pH dengan Cuka Apel
Akhir-akhir ini memang sedang mem-booming toner wajah dari cuka apel. Toner tersebut terbukti dapat mencerahkan wajah serta mencegah tumbuhnya jerawat. Selain ampuh untuk merawat kulit wajah, cuka apel juga ampuh untuk merawat rambut. Cuka apel dipercaya dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala. PH yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan rambut menjadi berketombe, kulit kepala berminyak, hingga rambut menjadi kering.

5. Beri Rambut Nutrisi Tambahan dengan Serum
Seperti halnya wajah, rambut juga perlu diberi serum. Serum berguna untuk memberi rambut vitamin-vitamin serta za-zat aktif yang diperlukan oleh rambut. Penggunaan serum rambut secara rutin dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak. Serum rambut sudah beredar banyak di Indonesia, bahkan ada produk-produk serum lokal yang dapat dengan mudah dijumpai di pasaran.

Itulah perawatan rambut ala Korea yang dapat membuat rambut menjadi sehat berkilau. Jika ditilik lebih dalam, kunci perawatan rambut ala Korea adalah menghidrasi rambut sehingga rambut menjadi lembab ternutrisi. 

Terakhir, jangan lupa hal sederhana seperti mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk yang lembut namun menyerap air, sehingga tidak mudah membuat rambut rontok tapi dan lebih cepat kering setelah keramas, karena memang ada beberapa supplier handuk yang hanya menjual handuk untuk keperluan promosi dengan kualitas standard, bukan untuk digunakan pada rambut sensitif.

Tidak ada komentar