Header Ads

Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah 2018


Ilustrasi
Mempunyai rumah yang nyaman, keren, dan menyenangkan merupakan impian setiap orang. Namun, untuk mewujudkannya bukan hal yang mudah. Mengingat biaya renovasi rumah yang tak murah, selain itu kebutuhan tiap hari yang banyak membuat kita susah mengumpulkan uang untuk itu. Namun, anda tak usah khawatir karena bisa mencari pinjaman cepat. Sebelum itu, anda harus tahu dulu cara menghemat biaya renovasi.

Sehingga nantinya tidak membebani anda dan tidak mengganggu dana kebutuhan lainnya. Terlebih jika biayanya hasil dari pinjaman cepat. Tentu, anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab, tetap saja harus dikembalikan entah secara langsung atau dicicil. Renovasi rumah, sebaiknya anda jadwalkan setiap 5-10 tahun sekali. Nah, berikut ini adalah cara menghemat biaya renovasi saat semua material mahal.

Buat perencanaan terlebih dahulu
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat perencanaan anggaran. Buatlah perhitungan biaya secara detail dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya). Anda perlu menghitung upah tukang, material serta beberapa biaya lainnya yang dibutuhkan untuk merenovasi. Tujuan perencanaan biaya ini adalah agar proses renovasi sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. 

Buat skala prioritas
Selanjutnya, anda juga harus menentukan skala prioritas supaya bisa menghemat biaya renovasi. Kalau anda hanya mengikuti saran dari tukang atau kata hati anda saja, biaya renovasi bisa melambung tinggi atau mungkin saja hanya berhasil menyelesaikan setengah dari yang diharapkan. Sebagai contoh, tujuan awalnya, anda ingin membuat satu kamar mandi saja. Lalu, buatlah rencana yang tertib, jangan tergoda dengan keinginan lainnya. 

Gunakan material yang masih bisa dimanfaatkan
Kalau ingin hemat, jangan gengsi dan tidak usah pedulikan perkataan orang lain. Gunakan kembali bahan-bahan yang bisa anda gunakan. Misalnya seperti genteng, pintu, jendela atau peralatan lainnya. Kalau kelihatan malas dipandang, anda bisa mengecatnya agar bisa menjadi lebih menarik dan tidak kelihatan lawas. Dengan begitu, anda dapat menggunakan dana hasil pinjaman cepat untuk keperluan renovasi yang lebih penting. 

Pahami rumus dasar dalam renovasi
Rumus perhitungan biaya yang benar adalah menyusun seluruh komponen pekerjaan dari awal pembangunan hingga selesai atau hari terakhir renovasi. Misalnya seperti pembelian bahan, cut and fill, mobilisasi dan juga demobilisasi. Berikutnya ke pekerjaan sipil yakni pembangunan sloof, pondasi, kolom, dinding dan lain sebagainya. Hitung secara detail dan tidak boleh ada yang terlupakan. 

Beli bahan bangunan sendiri
Anda memang tidak mengetahui benar tentang bahan bangunan. Tapi, alangkah baiknya anda membeli bahan bangunan sendiri. Dengan begitu, anda dapat memilih bahan yang tepat sesuai anggaran dan kualitas yang anda inginkan. Selain itu, anda pun tahu persis harga setiap komponen yang dibeli. Kalau tidak membeli sendiri, mungkin saja orang yang anda percaya itu bisa menambah ongkos dalam pembelian bahan tersebut. 

Hitung rencana pengeluaran
Berikutnya, anda juga perlu menghitung rencana pengeluaran. Anda bisa berkonsultasi langsung kepada ahlinya. Bisa pada teman, kontraktor atau konsultasi secara online. Rencana pengeluaran ini bisa dijalankan jika anda mengetahui harga material bangunan, harga tukuang per hari dan lainnya.

Pilih tukang atau kontraktor yang terbaik
Tukang atau kontrakstor sangat berpengaruh dalam biaya renovasi rumah 2018 yang anda keluarkan. Anda harus bisa memilih tukang bangunan atau kontraktor yang profesional dan terbiasa mengerjakan renovasi rumah yang anda suruh. Pilih orang yang profesional, jujur dan tahu mengerti tentang kondisi anda. 

Memilih pinjaman cepat untuk solusi renovasi
Apabila anda tidak ingin bingung memikirkan biaya renovasi rumah, cobalah untuk memilih pinjaman cepat dari Tunaiku. Caranya mudah, bagi anda yang berada di area Jabodetabek, Sidoarjo, Gresik dan Surabaya bisa mendaftar online melalui website tunaiku.com. syaratnya pun mudah, cukup KTP saja, anda bisa mendapatkan pinjaman sampai Rp 20 juta. 

Tidak ada komentar