Header Ads

ad

Ingin Memiliki Ruang Tamu Minimalis? Lakukan 5 Hal berikut ini!

Beberapa dari kita mungkin memiliki masalah dengan rumah yang berantakan. Meskipun sudah dirapikan berkali-kali, keadaan rumah akan kembali berantakan. Banyak barang-barang yang berserakan di rumah. Mulai dari buku, majalah, koran, hingga hiasan ruangan. Keadaan ini tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman di dalam rumah. Padahal, rumah harusnya berfungsi sebagai tempat istirahat setelah kita melakukan aktivitas di luar. Masalah in dapat diatasi dengan memiliki ruang tamu minimalis. Simaklah 5 tips di bawah ini untuk merasakan nyamannya ruang tamu minimalis.

1. Menggunakan kombinasi warna yang sederhana
Desain minimalis sangatlah identik dengan kombinasi warna-warna dasar seperti hitam dan putih. Kedua warna ini memberikan kesan ruangan yang modern dan segar. Namun, kita juga harus ingat bahwa menggunakan warna dominan putih akan membuat rumah sulit dibersihkan.
Mengombinasikan warna-warna dasar tidaklah sulit. Mulailah dengan memadukan dua warna netral. Setelah itu, kita dapat menambahkan aksen warna pop. Warna yang cerah juga dapat memberikan aksen unik diantara warna hitam dan putih.

2. Menciptakan nuansa alami di dalam ruangan
Ruang tamu minimalis juga dapat diwujudkan dari suasana alami. Misalnya seperti penggunaan tekstur kayu maupun batu. Keduanya dapat menghidupkan suasana di tengah-tengah unsur modern pada desain minimalis. Selain itu, kita juga dapat menggunakan warna-warna alami untuk memberikan kesan rumah yang bersih. Untuk ruang tamu minimalis, kita cukup menggunakan desain yang sederhana. Jadi, kita tidak perlu repot-repot memikirkan kombinasi yang rumit.

Untuk memiliki ruang tamu minimalis, pastikan juga ruang tamu mendapatkan banyak cahaya natural. Selain itu, ruang tamu minimalis juga harus memiliki penerangan yang cukup. Kedua hal ini dapat menciptakan suasana modern. Jangan gunakan gorden pada ruang tamu kita. Bila tidak terbiasa, gunakanlah gorden dari kain sheer yang tipis sehingga cahaya dapat masuk ke dalamnya.

3. Membuat Ruangan Lebih Luas
Desain ruang tamu minimalis berfokus pada hal-hal yang penting saja. Untuk itu, perhatikanlah furniture-furniture yang kita miliki di ruang tamu. Apakah semua furniture tersebut benar-benar kita perlukan? Lakukan juga hal yang sama pada seluruh barang di ruang tamu. Singkirkan barang-barang yang membuat ruang tamu terlihat berantakan dan sempit. Ingat, kita tidak harus membuang barang-barang di ruang tamu. Barang-barang tersebut bisa disimpan atau dipindahkan ke ruangan lain.

4. Menciptakan tampilan ruang tamu yang bersih
Desain ruang tamu minimalis terfokus pada permukaan yang bersih. Kita harus kreatif untuk menyimpan barang-barang yang biasanya diletakkan sembarangan. Salah satu cara yang mudah dilakukan ialah menyimpan barang-barang di rak atau laci khusus. Apabila jumlah barang sangat banyak, kita dapat menyimpannya di lemari. Nantinya, ruang tamu kita akan terasa lebih luas dan nyaman. Selain membereskan barang-barang di permukaan meja, pastikan juga permukaan lantai kita tetap bersih.

5. Less is more
Desain minimalis terkenal oleh slogannya yang berbunyi “Less is more.” Artinya, ketika mengatur ruang tamu, kita harus terfokus pada penataan yang rapi dan sederhana. Hal ini mungkin akan sulit apabila kita memiliki anak-anak  kecil. Namun, apabila kita tetap berpedoman pada slogan ini, kita tidak perlu khawatir. Sementara itu, kita dapat memasang satu hiasan yang paling kita sukai. Bila bingung menentukannya, cobalah memasang hiasan-hiasan yang kita miliki secara bergantian. Nantinya kita akan mampu menilai hiasan mana yang paling cocok.

Sumber: http://www.vivint.com/neighborhood/good-neighbor/5-tips-for-practical-minimalist-living-room-designs/

Tidak ada komentar